Rabu, 07 Desember 2011

Tips Ampuh Berpromosi & Berjualan Online

Anda mempunyai dagangan & bingung memasarkannya? atau mungkin berpikiran harus memiliki toko atau menyewa ruko dulu untuk berjualan?  Itu mungkin pemikiran pedagang jaman dulu, tapi dengan adanya internet kita bisa lebih menghemat biaya operasional toko atau sewa ruko. Bahkan ada pedagang yang hasil jualan onlinenya justru lebih banyak daipada yang menjual secara konvensional di toko atau ruko.

Anda ngin mencoba? silahkan simak beberapa tips dibawah ini :
 1. Gunakan Media Jejaring Sosial
Saat ini banyak media jejaring sosial yang bisa kita ikuti,sebut saja Facebook,Twitter,Friendster & sejenisnya. Daripada hanya sekedar chatting atau melihat updatean status orang kita bisa memanfaatkan media jejaring sosial tersebut untuk berpromosi.
Anda bisa membuat Grup, Fans Page Khusus Usaha lalu upload Foto-foto produk anda disana. Jangan lupa tag  teman-teman anda supaya potensi foto anda dilihat makin besar.

2. Website Mobile
Anda bisa membuat sebuah website khusus mobile, seperti m.kaskus.us atau m.yahoo.com supaya calon konsumen lebih mudah mengakses website yang berisi produk anda melalui telepon selulernya. Saat ini pun beberapa ponsel bisa menampilkan website seperti tampilan pada PC maupun notebook.

3. Mendaftar pada Direktori Bisnis Online
Mendaftar pada direktori bisnis online mampu mendongkrak promosi penjualan produk anda, anda bisa mencoba direktori bisnis komunitas pengusaha, atau layanan direktori bisnis seperti tokobagus misalnya.

4. Gunakan layanan Location  Based Service (LBS)
Pernah mencoba Koprol milik yahoo atau Foursquare?  pada 2 layanan LBS tersebut anda bisa menandai suatu lokasi lalu memberikan komentar didalamnya. Nah anda bisa menggunakan layanan ini sebagai ganti papan reklame yang biasa diapsang dijalan-jalan. Dengan menandai lokasi rumah/toko anda calon konsumen bisa lebih mudah mencari tahu letak posisi anda.

5. Gunakan Layanan video Streaming
Akhir-akhir ini banyak pemberitaan tentang artis dadakan yang terkenal melalui media video Straming seperti Youtube. Andapun bisa memanfaatkan media Layanan  video streaming ini untuk berpromosi.
Caranya? Buat sebuah video pendekyang unik layaknya sebuah iklan menggunakan media perekam video anda (Kamera HP pun bisa!!) lalu upload? unggah ke media Youtube. Jka video anda menarik bukan tidak mungkin konsumen luar negeripun melihat iklan anda!  Lebih murah daripada iklan di TV kan?  :)
 Anda bisa mencoba tips diatas untuk mempromosikan produk anda, Jadi tidak ada lagi kata "Kurang Modal Promosi" selama anda jeli melihat peluangnya. Selamat Berpromosi!! :) 

source : www.komunitaspengusaha.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah luangkan waktu memberi komentar ^_^