Kamis, 05 Januari 2012

Solusi untuk Website/Blog yang terdeteksi Malware

Apa yang harus dilakukan jika Website/Blog terdeteksi Malware oleh antivirus dan ketika diakses menggunakan Browser tertentu seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Flock akan tampil halaman "Reported Attack Site" berwarna merah ?

Untuk solusinya, lakukan langkah berikut :

1. Konfirmasikan dan minta bantuan segera ke support Hosting melalui tiket support yang dikirim melalui halaman Klien Area (http://www.asianbrainserver.com/klien/clientarea.php) tepatnya pada menu "Kirim Tiket". Kirimkan tiket dengan Subjek "Remove Reported Attack Site!" ke Departemen Hosting, lalu Submit tiket.

Adapun informasi yang harus Anda lampirkan adalah :

a. Nama Domain yang terdeteksi Malware
b. Account Login (username dan password) ke Hosting dari nama Domain yang terdeteksi Malware
C. Jika yang terdeteksi Malware adalah blog Wordpress, informasikan juga Account Login (username dan password) ke Dashboard Wordpressnya

2. Setelah Anda melakukan langkah pada poin-1, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan proses pendaftaran nama Domain yang terdeteksi Malware ke Google Webmasters Tools.

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

a. Langkah pertama akses (www.google.com/webmasters/tools/)
Jika belum memiliki Account di Google, lakukan proses "Create an account now" terlebih dahulu. Setelah melakukan proses daftar tahap demi tahap, dan hasilnya sukses. Silahkan cek email yang digunakan untuk mandaftar ke Google Webmasters tools tadi, cek email yang bersubjek "Google Email Verification" kemudian klik link yang berfungsi untuk mengaktifkan account dan memverifikasi email yang digunakan untuk mendaftar.

b. Setelah itu Login ke halaman Home (menu utama) Google Webmasters Tools, klik "add a site", lalu masukkan nama Domain kemudian akhiri dengan mengklik tombol "Continue".

c. Setelah itu, ada dua pilihan "Verification method", yaitu :
 
   - Meta Tag, atau
   - HTML File

-> Jika memilih metode Meta Tag, sisipkan script meta name di website, simpan kodenya di bagian <head> sebelum bagian <body> yang pertama. Jika menggunakan Wordpress simpan kodenya di bagian sebelum bagian yang pertama, yang biasanya ada di bagian Header.php di theme yang digunakan.

-> Jika memilih metode HTML File, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah (create) buat file dengan nama googlexxxxx

(contoh googlef338e1a30ed0450e.html (sesuaikan dengan kode milik Anda)) di file website, kemudian upload file tersebut (misalkan melalui Filezilla) ke public_html.

d. Kemudian pada Home (menu utama) Google Webmasters Tools, pilih dan klik nama Domain yang didaftarkan tadi pada bagian "site, verification", maka akan tampil halaman Dashboard, setelah itu klik "link yang bertuliskan "More Detail" pada tulisan "This site may be distributing malware. More Details" (tulisan yang berlatar merah).

Langkah selanjutnya, klik link yang bertuliskan "Request a review", kemudian contreng kotak kecil pada tulisan "I certify that I have removed badware or badware links from my site, according to  StopBadware.org's Security Tips For Websites". untuk kolom "Comments about the review request (Optional), kosongkan saja (tidak perlu diisi). lalu akhiri dengan mengklik tombol "Request a review".

e. Setelah mendaftar dan memasukan kode "Google Webmaster Tools", lalukan review secara berkala untuk status website Anda.

f. Bila dalam waktu 24 sampai 48 jam belum juga resolve dari block "Reported Attack Site!", coba lakukan review kembali lewat "Google Webmaster Tools". Bila perlu review melalui fasilitas situs Online yang manangani Malware pada Website/Blog yaitu stopbadware (http://stopbadware.org/home/reportsearch),

Perlu diketahui tampilan Safe Browsing (reported attack) hanya terjadi jika Anda mengakses alamat website (nama Domain) yang terkena Malware menggunakan beberapa Browser saja (Browser yang memiliki engine yang sama), biasanya Browser seperti Firefox, google chrome dan flock.

source : asianbrainserver.com

5 komentar:

  1. ^___^
    maaf kalau kemarin membuat cemas :(
    tapi beneran pas aku buka blog irha gitu...
    sekarang udah enggak lagi :)

    BalasHapus
  2. heheh...
    Nd masalah may...soalnya gara2 itu juga saya sibuk baca2 info mengenai malware...ckckc...ilmu baru...ALhamdulillah ^^

    BalasHapus
  3. @admin-full download : iyya sama2 ^_^, terima kasih sdh berkunjung ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah luangkan waktu memberi komentar ^_^